Workshop Kompetensi Pustakawan Kekinian & Repositori Institusi

Pada tanggal 24-25 April 2019 Perpustakaan UMY bekerjasama dengan FPPTI DIY mengadakan kegiatan  workshop dengan tema “ Kompetensi Pustakawan Kekinian & Repositori Institusi“. Kegiatan tersebut dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok pustakawan dan kelompok IT Perpustakaan. STIKES Muhammadiyah Gombong mengirimkan pustakawan yang diwakili oleh Umi Haniati, SIP., M.A.

Khusus pustakawan, mereka diajarkan tentang manajemen kelas dalam kegiatan literasi informasi, public speacking, serta pelatihan menghadapi sertifikasi pustakawan sesuai dengan klaster yang akan diikuti.

Workshop tersebut menghadirkan dua narasumber  yaitu Dra. Maria Dominika Niron, M.Pd (Dosen Universitas Negeri Yogyakarta) yang membawakan tema manajemen kelas, sedangkan narasumber yang kedua adalah Dr. Muhamad Sulhan (Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada).

Pada workshop tersebut Ibu Maria mengatakan bahwa Upaya yang perlu dilakukan pustakawan
dalam mengelola kelas literasi  yaitu memahami teori pembelajaran, menguasai materi pembelajaran, gaya mengajar yang khas, gunakan metode mengajar yang pas, kontrol disiplin belajar dan kesiapan siswa.

Tema public speaking yang dibawakan oleh Bapak Muhammad Sulhan, membahas mengenai layanan prima : pentingnya komunikasi insani, jadi sebagai pustakawan kita harus memahami sifat setiap media interaktif, siapkan diri sebagai ‘brand personality’ bagi perpustakaan, berkomunikasilah dengan narasi, generasi melenial tidak terlalu suka ‘nasehat’ … mereka nyaman dengan ‘curhat’ …

Semoga perpustakaan STIKES Muhammadiyah Gombong bisa segera menerapkan apa yang didapat di workshop tersebut.

.

 

Leave a Reply